Makassar, Inspirasimakassar.id:
Masyarakat di Kecamatan Kepulauan Sangakarrang ikut pelatihan digital. Pelatihan ini dilaksanakan Universitas Dipa (UNDIPA) Makassar dan Pemerintah Kota Makassar dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan fokus pada pelatihan IT dengan Tema “Digital Marketing Dalam Upaya Penguatan UMKM Naik Kelas”.
Kegiatan ini melibatkan tim dosen UNDIPA dan berlangsung di Kelurahan Kodingareng, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, Makassar, Sabtu (2/05/2023).
Dalam kegiatan tersebut turut hadir Rektor UNDIPA Makassar, Dr. Y. Johny W Soetikno dan tim dosen pelaksana PKM yang diterima langsung oleh Lurah Kodingareng, Ronny Catur Prabowo.
“Tujuan PKM diadakan dengan tujuan memperkuat daya saing UMKM di Kelurahan Kodingareng yang menekankan pentingnya edukasi, perluasan pasar, dan pendanaan dalam meningkatkan UMKM,” ungkap ketua panitia PKM, Muh. Khaddafi.
Pada kegiatan PKM ini, para peserta dilatih untuk memasarkan produk mereka di media sosial, terutama di Facebook. Langkah-langkah tersebut meliputi mengunggah foto produk terbaik dengan teknik pengambilan foto yang baik, memberikan judul atau nama produk, kategori, keterangan, harga, lokasi, opsi penawaran, promosi produk, notifikasi, dan lainnya.
“Salah satu edukasi yang kami berikan mengenai promosi berbayar dan strategi mesin pencari untuk meningkatkan penjualan UMKM, karena salah satu permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM di Kelurahan Sangkarrang adalah kurangnya dokumen legalitas usaha. Oleh karena itu, tim dosen PKM memberikan pengetahuan tentang dokumen legalitas yang diperlukan, seperti NPWP dan NIB, serta membantu para pelaku UMKM dalam menyusun dan melengkapi dokumen-dokumen tersebut,” kata anggota tim dosen PKM, Sadly Syamsuddin.
Selain itu, pelatihan IT juga mencakup pembuatan pondasi bisnis yang kuat, branding dan content marketing, optimasi mesin pencari (SEO), pemasaran media sosial (SMM), iklan digital, dan analitik pemasaran digital.Peserta PKM, yang telah memiliki gadget atau handphone, dapat dengan mudah menerapkan pelatihan IT ini, terutama dalam materi SMM.Strategi SMM digunakan untuk menarik perhatian audiens melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, dan lainnya, agar terikat dengan produk atau konten yang disajikan.
Media sosial yang digunakan oleh pebisnis tergantung pada strategi pemasaran yang dijalankan, mengingat perbedaan demografis antar platform.“Kami sangat menyambut baik kegiatan ini sehingga keinginan untuk melaksanakan kegiatan PKM selanjutnya kami berharap bisa terealisasi di Kelurahan Barrang Lompo,” ungkap, Lurah Barrang Caddi, Hamzah di sela kegiatan tersebut.
Dalam upaya meningkatkan nilai jual produk di marketplace, para pebisnis perlu memperhatikan iklan media sosial, e-commerce, kesadaran sosial, pemasaran influencer nano, augmented reality (AR), live streaming, layanan pelanggan, dan lainnya.
“Kegiatan PKM ini menunjukkan komitmen UNDIPA dan Pemerintah Kota Makassar dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan memberikan pelatihan IT mengenai digital marketing kepada pelaku UMKM, diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan penjualan UMKM di daerah tersebut.” tutup Rektor UNDIPA Makassar, Dr. Y. Johny W Soetikno. (yudi)