Dunia bisnis tampaknya menjadi menarik bagi kalangan selebriti. Selain menambah pundi-pundi pendapatan, tak sedikit pula mereka yang bergelut di dunia seni peran dan tarik suara, juga melirik bisnis lain, sebagai investasi mengisi hari tua.
Ussy Sulistiawati misalnya. Perempuan kelahiran 13 Juli 1980 ini tidak saja hebat dalam urusan manggung, melainkan mulai melebarkan sayapnya. Bersama Andhika Pratama, suaminya, kembali membuka bisnis baru. Setelah sukses dengan brand busana muslim, Ussy House Of Muslim , kini keduanya meluncurkan produk kosmetik yang diberi nama Dissy.
“Ide make up ini muncul spontan. Karena setelah kami pelajari, ternyata bisnis ini menjanjikan, sekaligus menguntungkan. Dan, tepat eksekusinya. Bisnis ini beda sama binis baju. Kalau kosmetik dari semua varian, mulai membuat sistem, dan hanya memantaunya saja. Kalau baju, tiap model beda, jadi terus cari yang baru,” jelas Ussy.
Untuk bisnis produk kecantikan, Ussy mengaku terjun langsung. Dia belajar, mulai dari jenis produk, hingga kandungan produk tersebut. Kalau tidak, mending tidak usah bisnis. Makanya Ussy bolak-balik cari kandungan bahan, hingga tempat packaging.
Meski memiliki brand di atas nama besarnya, Ussy menjual kosmetik dengan harga murah . Sebab, dia tahu betul seperti apa kebutuhan kaum hawa. Meski murah, dikisaran Rp30.000 hingga Rp100.000. Paling mahal sabun mandi Rp81.000 dengan ukuran 500 ml. Kualitas yang ditawarkan pun tidak sembarangan.
Selain make up, Ussy juga merintis bisnis sepatu. Mengapa sepatu? Pasalnya, dia kurang puas dengan model sepatu yang tidak variatif. Termasuk, pengalaman memakai sepatu hak tinggi yang membuat kakinya kesakitan dan lecet-lecet. Tanpa pikir panjang pun mewujudkan keinginannya mencari desain sepatu yang bisa mendeskripsikan keinginannya.
Ternyata, ide dari pelantung lagu “Klik” itu mendapat respon dari teman-temannya, termasuk kekasihnya, Andhika Pratama. Ia kemudian mengeluarkan modal Rp100 juta untuk membeli mesin dan sewa tempat selama dua tahun di kawasan Blok M, Jakarta Selatan.
Karena tidak ingin setengah-setengah menjalani bisnisnya dan tidak mau melihat hasil karyanya tidak sempurna, maka mulai dari awal proses desain hingga pembuatan sepatu dia selalu mengeceknya. Makanya, kualitas sepatu yang dikerjakan oleh tiga orang yang ahli dibidang pembuatan sepatu, dibantu tujuh orang karyawannya membuat produksi sepatu benar-benar terjamin kualitasnya.
Ussy mengaku tidak terlalau repot dalam hal pemasaran. Sebab, suaminya pun memberi dukungan penuh pada usaha yang berdiri dibawah bendera PT Azzharah Megah Pratama tersebut. Buktinya, sebelum dibuka pada bulan Oktober 2011 lalu usaha sepatu berlabel USSY sudah kebanjiran peminat. Pelanggannya pun didominasi selebriti perempuan. Sebut saja, Aura Kasih, Astrid, Nunung, Aulia Sarah, Angel Lelga, Yuni Shara, dan masih banyak lagi.
Selain sesama artis, juga pelajar, mahasiswa hingga ibu rumah tangga pun berbondong-bondong membelinya. Harganya pun berkisar antara Rp400 ribu hingga Rp1 juta.
Bagaimana Ussy memperkenalkan usahanya itu? Selain dari mulut ke mulut dan pelanggang, ia menggunakan jasa facebook, twitter dan website. Dengan demikian, pelanggan bukan saja di Jakarta, melainkan berbagai daerah di pulau Jawa, hingga Makassar, serta sejumlah kota di Kalimantan.
Meski baru berjalan beberapa bulan, modalnya sudah 75% kembali. Karena dia selalu optimis jika usahanya itu bakalan tetap berjalan dan bertahan lama.
Ussy memulai kariernya dari ajang Abang None Jakarta Utara 1999. Setelah itu, mengikuti beberapa casting, hingga akhirnya menjadi bintang iklan. Ussy kemudian merambah dunia sinetron dan presenter. Sinetron yang pernah dibintangi antara lain ‘Tergiur, Jurangan Lenong, Cintaku Di Rumah Susun 1&2, Habibi dan Habibah dan Samson Betawi.
Tahun 2007, Ussy mengeluarkan album yang bertajuk It’s Me yang diproduseri oleh promotor musik Adrie Subono. Semua berawal saat Ussy memenangkan kontes nyanyi para selebriti yang pernah tayang di ANTV yaitu Celebrity Jam.(bs)