Site icon Inspirasi Makassar

Penjualan Ritel, Daihatsu Bisa Salip Honda

hqdefaultINSPIRASI Jakarta -Pasar otomotif yang stagnan pada kuartal pertama tahun 2016, menyebabkan penjualan mobil ikut melesu. Namun pergerakan menarik terjadi pada penjualan ritel salah satunya yang dialami oleh PT Astra Daihatsu Motor.

Penjualan ritel pada periode Januari hingga April 2016 mencapai 346.784 unit. Total tersebut meningkat satu persen jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yaitu 344.352 unit.

Daihatsu sendiri pada kuartal pertama tahun 2016 telah menjual 57.396 unit, naik 0,4 persen dibanding tahun lalu. Untuk penjualan ritel bulan April ini, Toyota menjual 31.718 unit, disusul Daihatsu 15.097 unit dan Honda 11.558 unit.

“Daihatsu rangking dua karena Honda (penjualannya) turun? Ya mungkin adjustment di pasar saja. Kami tidak ada model baru, jadi lebih stabil. Retail Daihatsu dibandingkan year to date tahun lalu naik satu persen. Sementara wholesales, turun 3 persen. Seperti Gaikindo bilang pasar itu agak stuck, diperkirakan sama (seperti tahun lalu),” jelas Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, Selasa (10/5/2016).

Meski berhasil menggeser Honda di posisi dua, Amelia menegaskan bahwa segmen konsumen antara Daihatsu dengan Honda berbeda.

“Tetapi rangking kita masih rangking 3 walaupun secara April, wholesales dan retail sales kita nomor 2. Honda naik 1,1 persen secara ritel, Toyota naik 3,5 persen. Ini menunjukkan Daihatsu sama Honda konsumennya beda, tidak bersinggungan antara Honda dan Daihatsu,” katanya.

Untuk Daihatsu, kontribusi penjualan retail masih disumbang oleh Gran Max 19.871 unit (34,6 persen), diikuti Ayla diposisi kedua dengan total penjualan 15.591 unit (27,2 persen).

Exit mobile version