Anda kepingin menjadi karyawan sukses? Di senangi sama bos atau bawahan, meraih karir dengan cepat? Atau, anda kepingin naik pangkat terus? Ingin gaji naik? Ingin semua menyenangkan? Di lingkungan kerja terasa nyaman dan selalu bergairah? Silahkan simak dan terapkan tips dibawah ini di lingkungan kerja anda!
1. SIKAP
Pondasi utama yang harus dilakukan adalah menata sikap. Kurangi sikap negative dan lebihkan sikap positif diantaranya :
• Berpikir positif
Apapun yang dihadapi, apapun berita yang terima dan keadaan apapun yang sedang menimpa anda, jalani saja dengan sikap positif. Jangan cepat mengambil keputusan dan lakukan segalanya menuju solusi. Jadi jika dimarahin bos pun, berpikir positif saja, mungkin si bos lagi test anda.
• Mau belajar
Belajarlah kepada atasan. Pelajari kelebihan dari sisi positif dan sedapat mungkin bisa membuat mereka senang, utamanya hobi dan prestasinya. Pelajari kelemahan mereka, tapi jangan diberi tahu. Kalau merasa sudah cukup ilmu, cari perusahaan baru yang gaji lebih besar atau bikin usaha baru.
. How to work for an idiot
Belajar hal-hal biasa bukan berarti anda kurang mampu. Belajar adalah proses mengasah diri yang terus dilakukan tanpa henti. Belajarlah kepada asisten/bawahan anda, seperti halnya anda belajar kepada atasan. Berbagilah ilmu dan saling mendukung agar anda mendapatkan support dan dukungan penuh dari bawahan.
• Suka menolong
Anda harus selalu enjoy dan suka menolong. Tidak pandang bulu, semua orang di lingkungan kerja. Menolong tanpa pamrih, tetapi target. Sikap suka menolong biasanya di ikuti dengan pemaaf dan jujur dalam bertindak.
2. Manajemen diri
Porsi kerja harus maksimal. Artinya, harus mengerjakan tanggung jawab yang dibebankan perusahaan harus 150%.
Artinya, 50% adalah tugas anda, dan 100% tugas bawahan. Maksudnya, jika sewaktu ¬waktu atasan berhalangan, anda bisa membantu tugasnya. Inilah kesempatan anda di uji. Tentu saja harus melakukannya dengan sepengetahuan atasannya atasan anda, supaya mereka tau andalah the man behind the gun.
3. Main Strategy
Bekerja cerdik dan pintar, bisa mengatur strategy semulus mungkin. Anda tidak memilih ¬- milih pekerjaan yang dibebankan. Jika menerima hal baru, jalani saja sebagai tantangan. Coba lirik dan amati pekerjaan atasan, kalau perlu pelajari dan lakukan pekerjaan itu bersama, meminta ijin atau mencoba belajar mengerjakan pekerjaan atasan anda adalah hal special dan patut anda senangi.
Suatu ketika atasan mendadak sakit, padahal saat itu pekerjaannya cukup banyak. Nah kesempatan inilah harus gunakan sebaik mungkin, sewajarnya dan berusaha meyakinkan kepada bos besar, bahwa semuanya bisa diatasi dan bisa berjalan lancar. Siapa tahu, di saat atasan anda nanti mendapatkan promosi karir atau dipindahkan ke posisi lain, maka 90% atasan anda akan merekomendasikan ke bos besar, bahwa anda layak menggantikannya.
4. Mengambil hati
Anda harus pandai mengambil hati. Mampu melakukan tindakan positif. Anda mampu membuat orang lain nyaman dan menaruh hormat kepada anda..
5. Berani berkompetisi
Di posisi pekerjaan apapun, kompetisi harus ada. Artinya anda siap bersaing. Anda tidak bisa menilai bahwa anda akan menang dalam persaingan, kecuali anda bekali dengan sikap sabar, positif dan selalu belajar terus.
Berkompetisi di sini bukan berarti anda sibuk mencari kesalahan orang, seperti kerjaannya HRD, tetapi justru anda bisa menang dalam persaingan. Datang dan hadirlah ditengah- tengah rekan kerja memberi solusi. Orang lainpun tidak akan merasa dirugikan.
Maka coba anda praktekkan, lalu lihat perkembangan dalam 1 tahun. Hal-hal dibawah ini dianggap biasa dan tidak dilirik atasan dan pemilik perusahaan:
• Datang bekerja tepat waktu
• Rajin bekerja dan ramah
• Bekerja sesuai job
• Pekerja keras & tekun. (bs)